Introduction

Untuk dapat mengakses Simpadu anda harus melalui proses otentikasi terlebih dahulu. Yaitu proses verifikasi identitas berupa User ID dan Password yang anda inputkan. Jika identitasnya cocok dengan data yang terdaftar pada Simpadu maka anda akan diizinkan untuk melakukan aktifitas di dalamnya sesuai Role of Responsibility.

Proses verifikasi ini lazim disebut Log On. Pada artikel ini anda akan mempelajari bagaimana cara Log On pada Simpadu.

Prerequisites

Sebelum memulai panduan ini anda akan membutuhkan beberapa hal berikut:

  1. User ID menggunakan NIM/NPM/Stambuk sebagai mahasiswa.
  2. User ID menggunakan NIDN/NUPN sebagai dosen.
  3. User ID menggunakan NIP/NIPS sebagai pegawai.
  4. Password awal menggunakan S1mp4du dengan huruf awal kapital jika ini pertama kali anda Log On, gunakan password ini jika anda adalah Mahasiswa Baru atau baru pertama kali Log On pada Simpadu. Atau gunakan password pilihan anda jika sebelumnya sudah mengubah password awal.
  5. Browser internet seperti Google Chrome, Firefox, atau Safari.
  6. Dan akses internet.

Step 1 — Mengakses Halaman Log On Simpadu

Awali dengan membuka browser anda. Kemudian ketikkan alamat website Simpadu. Dan internet browser akan menampilkan halaman Log On.

Selanjutnya anda akan melakukan Log On pada Simpadu.

Step 2 — Mengisi User ID dan Password

Disini anda diminta untuk mengisi User ID dan Password sebagai syarat untuk dapat Log On ke simpadu.

Untuk User ID silahkan mengisi NIM jika anda sebagai Mahasiswa, NIDN/NUPN jika anda sebagai Dosen, dan NIP jika anda sebagai Pegawai.

Sedangkan untuk Password awal silahkan mengetikkan S1mp4du dengan huruf awal kapital jika ini pertama kali anda Log On, atau gunakan password pilihan anda jika sebelumnya sudah mengubah password awal.

Selanjutnya anda siap untuk melakukan Log On pada Simpadu.

Step 3 — Log On

Setelah User ID dan Password terisi akhiri dengan klik Log On. Jika berhasil maka browser akan menampilkan halaman awal Simpadu. Jika Log On gagal maka pesan Authorization failed akan ditampilkan, silahkan memastikan kembali password yang anda ketik sudah benar.

Conclusion

Sampa disini anda diharapkan sudah mengerti bagaimana cara Log On pada Simpadu.

Jika mengalami kegagalan saat melakukan Log On, maka anda dapat menghubungi Administrator Simpadu Perguruan Tinggi untuk bantuan reset password awal. Selanjutnya anda dapat mengulangi langkah-langkah pada artikel ini.

Jika ini pertama kali anda Log On atau setelah meminta bantuan reset password kepada Administrator Simpadu selanjutnya anda harus melakukan Ubah Password untuk dapat beraktifitas penuh menggunakan fasilitas dan menu secara lengkap pada Simpadu.

Silahkan untuk mempelajari panduan "Bagaimana Cara Ubah Password Setelah Log On pada Simpadu".