Introduction

Kegiatan pendaftaran kembali mahasiswa setiap semester lazim disebut Her Registrasi. Kegiatan ini bersifat wajib karena disinilah mahasiswa menentukan rencana studi untuk semester berikutnya. Segala ketentuan mengenai Her Registrasi Mahasiswa diatur dengan Peraturan Akademik & SK Rektor/Ketua/Direktur.

Pada Simpadu kegiatan Her Registrasi selanjutnya akan disebut Registrasi Mahasiswa.

Panduan ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa yang melanjutkan ke tingkat semester berikutnya. Tujuannya agar anda dapat melakukan Registrasi Mahasiswa baik untuk semester reguler maupun untuk semester pendek.

Panduan ini khusus akan membahas tentang Jenis Registrasi Normal, sedangkan untuk Perubahan Rencana Studi (PRS) akan dibahas pada panduan tersendiri.

Prerequisites

Sebelum memulai panduan ini anda akan membutuhkan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan anda sudah membayar biaya kuliah (BPP) untuk semester selanjutnya.
  2. Siapkan jadwal kuliah yang diterbitkan program studi.
  3. Siapkan struktur kurikulum yang berisi daftar matakuliah untuk setiap tingkat semester, biasanya dapat ditemukan pada pedoman akademik.
  4. Pastikan anda sudah Log On pada Simpadu.

Step 1 — Registrasi Mahasiswa

Diawali dengan mengakses menu Registrasi Mahasiswa :

  • Untuk Registrasi Mahasiswa pada Semester Reguler, silahkan menggunakan menu : Simak - Registrasi Mahasiswa - Semester.
  • Untuk Registrasi Mahasiswa pada Semester Pendek, silahkan menggunakan menu : Simak - Registrasi Mahasiswa - SP.

Selanjutnya browser akan menampikan halaman dengan judul Registrasi Semester Ganjil/Genap/SP Tahun Akademik 20xx-20xx. Dilanjutkan dengan informasi data akademik, silahkan memastikan data tersebut sudah benar, jika ada yang keliru silahkan untuk melapor pada Operator Akademik pada program studi.

Informasi yang penting untuk diperhatikan, antara lain :

  • Tingkat Semester, menununjukkan tingkat semester anda saat ini. Relatif terhadap tahun masuk, semester dan tahun akademik.
  • Status Pembayaran, SUDAH. Jika anda telah melakukan pembayaran BPP.
  • Tagihan/Pembayaran, misalnya 1.000.000/1.000.000 artinya Tagihan BPP sudah lunas.
  • Status Registrasi, Bayar Tagihan (Tahap Silahkan Melakukan Input Matakuliah).

Status Registrasi menunjukkan di tahap mana anda sedang berada saat melakukan Registrasi Mahasiswa, berikut penjelasannya :

  1. Daftar Registrasi : anda terdaftar sebagai mahasiswa yang berhak untuk mengikuti kegiatan Registrasi Mahasiswa. Tahap selanjutnya silahkan melakukan pembayaran.
  2. Bayar Tagihan : operator keuangan sudah mengisi data pembayaran anda sesuai dengan bukti pembayaran yang anda setorkan. Tahap selanjutnya silahkan melakukan Input Matakuliah.
  3. Input Matakuliah : anda telah selesai mengambil matakuliah sesuai rencana studi. Tahap selanjutnya segera ajukan ke dosen wali.
  4. Perwalian : anda telah selesai berkonsultasi dengan dosen wali dan rencana studi anda telah diapprove/disetujui oleh dosen wali. Tahap selanjutnya silahkan Cetak KSM (Kartu Studi Mahasiswa).
  5. Selesai Registrasi : Simpan KSM (Kartu Studi Mahasiswa) anda sebagai bukti bahwa anda telah selesai melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Registrasi Mahasiswa.

Lanjutkan ke tahap berikutnya memilih kelas matakuliah sesuai tingkat semester.

Catatan:

  1. Jika terdapat keterangan Registrasi Telah Dinonaktifkan, maka kemungkinan besar belum memasuki masa Registrasi Mahasiswa, atau masa Registrasi Mahasiswa telah berakhir. Silahkan merujuk pada kalender akademik.
  2. Jika Status Registrasi masih Daftar Registrasi dan data pembayaran belum terisi, silahkan untuk melaporkan ke Operator Keuangan di fakultas dengan membawa slip bukti pembayaran.
  3. Ada kalanya anda diwajibkan mengisi Quesioner terlebih dahulu, misalnya : Survey Kepuasa Mahasiswa Terhadap Perguruan Tinggi. Setelah selesai mengisi Quesioner klik keterangan[ Klik Disini Jika Anda Telah Selesai Mengisi Quesioner ]. Silahkan melanjutkan ke Step 2.

Step 2 — Memilih Kelas Matakuliah

Pada kolom kiri halaman Registrasi Mahasiswa terdapat matakuliah yang ditawarkan sesuai tahun semesternya.

Klik pada Tahun ke- untuk menampilkan kelas matakuliah yang ditawarkan pada tingkat semester ke- :

  • TAHUN 1 : Daftar kelas matakuliah tingkat semester 1 dan 2,
  • TAHUN 2 : Daftar kelas matakuliah tingkat semester 3 dan 4,
  • TAHUN 3 : Daftar kelas matakuliah tingkat semester 5 dan 6,
  • TAHUN 4 : Daftar kelas matakuliah tingkat semester 7 dan 8.

Prioritaskan mengambil kelas matakuliah yang sesuai dengan tingkat semester anda pada saat itu, baru kemudian mengambil kelas matakuliah pada tingkat semester lain untuk kebutuhan seperti mengulang matakuliah yang belum dilulusi.

Contoh pemilihan kelas matakuliah :

  1. Jika anda mahasiswa Tahun Masuk 2016 pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2016-2017 maka anda berada pada Tingkat Semester 1. Klik TAHUN 1 untuk mengambil semua kelas matakuliah yang ditawarkan pada Tingkat Semester 1.
  2. Jika anda mahasiswa Tahun Masuk 2015 pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2016-2017 maka anda berada pada Tingkat Semester 3. Klik TAHUN 3 untuk mengambil semua kelas matakuliah yang ditawarkan pada Tingkat Semester 3.
  3. Silahkan memilih tingat semester lainnya jika ada kebutuhan untuk mengulang matakuliah

Klik AMBIL pada setiap kelas matakuliah pilihan anda.

Pada kolom kanan halaman Registrasi Mahasiswa akan terisi dengan kelas matakuliah yang telah anda ambil.

Catatan: Pada kondisi tertentu kelas matakuliah pilihan anda dapat gagal diambil, misalnya :

  1. Jika jadwal kelas matakulah tersebut bentrok dengan kelas matakuliah lain yang sudah diambil. Silahkan pilih kelas matakuliah lain.
  2. Setiap kelas matakuliah memiliki kuota peserta maksimal. Jika kolom kuota tercantum 40 dan kolom terisi sudah ada 40 peserta maka kelas matakuliah tersebut sudah penuh. Silahkan pilih kelas matakuliah lain.
  3. Jika total sks diambil sudah lebih dari total sks yang dapat diambil sesuai IPK atau IP Semester sebelumnya. Silahkan merujuk pada peraturan akademik.
  4. Jika matakuliah yang akan anda ambil memiliki prayarat dan belum pernah dibelanjakan dan atau belum lulusi.

Pastikan seluruh kelas matakuliah yang anda ambil sudah berada pada kolom sebelah kanan. Klik BATAL jika ada kelas matakuliah yang ingin dibatalkan.

Lanjutkan ke langkah berikutnya untuk menyimpan rencana studi anda.

Step 3 — Simpan & Cetak Kartu Rencana Studi

Setelah seluruh kelas matakuliah yang diambil sudah berada pada kolom sebelah kanan ada 2 cara untuk menyimpan rencana studi anda, antara lain :

  1. Klik Simpan Semetara jika anda masih ingin melakukan perubahan (ambil/batal) kelas matakuliah.
  2. Klik Selesai Registrasi jika anda sudah memastikan tidak ada lagi perubahan kelas matakuliah. Karena setelah ini anda sudah tidak dapat mengubah rencana studi lagi.

Klik Selesai Registrasi sifatnya wajib dilakukan agar anda dapat mencetak Kartu Rencana Studi (KRS). Pada tahap ini juga Status Registrasi anda akan berganti dari Bayar Tagihan menjadi Input Matakuliah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Klik CETAK KRS untuk mencetak Kartu Rencana Studi (KRS), dan tahap selanjutnya silahkan bertemu dengan Dosen Wali yang namanya tercantum pada KRS untuk bimbingan akademik dan meminta approval/persetujuan KRS (Perwalian).

Step 4 — Bimbingan Akademik (Perwalian) & Approval Rencana Studi

Kartu Rencana Studi (KRS) bersama Kartu Hasil Studi (KHS) semester sebelumnya kemudian dibawa saat menemui Dosen Wali untuk proses perwalian.

Kegiatan perwalian yang dilakukan oleh Dosen Wali kepada mahasiswa, meliputi :

  1. Evaluasi hasil studi semester sebelumnya berdasarkan IP Kumulatif dan IP Semester.
  2. Membicarakan tentang strategi rencana studi untuk semester selanjutnya.
  3. Dosen Wali dapat menambah dan atau membatalkan batal kelas matakuliah pada rencana studi yang sudah dibuat pada Simpadu.
  4. Bimbingan akademik lainnya berkaitan dengan proses belajar.
  5. Dosen Wali mengesahkan Kartu Rencana Studi (KRS) yang telah dicetak dengan cara ditandatangani.
  6. Dosen Wali klik APPROVE KRS pada Simpadu sebagai tanda approval/persetujuan terhadap Rencana Studi mahasiswa.

Approval/persetujuan Rencana Studi hanya dapat dilakukan oleh Dosen Wali menggunakan akun dosen yang bersangkutan pada Simpadu. Jika Dosen Wali tidak dapat melakukan approval/persetujuan pada Simpadu maka peran tersebut dapat digantikan oleh Operator Akademik pada program studi dengan cara anda menunjukkan Kartu Rencana Studi (KRS) yang telah ditandatangani oleh Dosen Wali.

Pada tahap ini Status Registrasi anda akan berganti dari Input Matakuliah menjadi Perwalian.

Step 5 — Mencetak Kartu Studi Mahasiswa (KSM)

Kembali pada Log On pada akun anda sebagai mahasiswa pada menu Registrasi Mahasiswa Klik CETAK KSM untuk mencetak Kartu Studi Mahasiswa (KSM) dan simpan sebagai bukti bahwa anda telah selesai melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan Registrasi Mahasiswa.

Pada tahap ini Status Registrasi anda akan berganti dari Perwalian menjadi Selesai Registrasi.

Conclusion

Sampai tahap ini anda telah berhasil melakukan seluruh rangkaian kegiatan Registrasi Mahasiswa Semester Reguler & Pendek pada Simpadu. Selanjutnya anda sudah terdaftar sebagai Mahasiswa Aktif dapat mengikuti aktifitas perkuliahan sepanjang semester berkutnya.

Catatan: Jika setelah melakukan aktifitas perwalian namun karena satu dan lain hal harus mengubah kembali, anda masih memiliki 1 kali kesempatan untuk menyesuaikan rencana studi pada masa Perubahan Rencana Studi (PRS). Silahkan merujuk pada kalender akademik untuk jadwal PRS.

Silahkan merujuk pada panduan Perubahan Rencana Studi (PRS).