KAMPUS BMG – Hari ini, STIM Bisnis Gorontalo akan menggelar Wisuda Program Diploma 3 dan Program Sarjana. Prosesi Wisuda ini digelar di kabupaten Boalemo.
STIM Bisnis Gorontalo, menurut Ketua Yayasan Bina Mandiri Gorontalo (YBMG), Dr. Ir. Azis Rachman, MM, memiliki sejarah perkembangan yang sangat progresif. Jika diibaratkan seperti manusia, STIM Bisnis Gorontalo merupakan anak pertama dari YBMG. Dilihat dari perkembangannya, STIM Bisnis Gorontalo mengalami metamorfosis atau perubahan bentuk kelembagaan.
“STIM Bisnis Gorontalo Berawal dari Akademi Sekretari dan Manajemen Boalemo, yang kemudian berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Boalemo (STIM Boalemo) dan terakhir berubah nomenklatur menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Bisnis Gorontalo (STIM Bisnis Gorontalo). dan InsyaAllah kita doakan Semua STIM Bisnis Gorontalo akan menjadi Universitas Bina Mandiri Gorontalo yang merupakan hasil merger atau penggabungan institusi perguruan tinggi STIKES Bina Mandiri Gorontalo dibawah pembinaan Yayasan Bina Mandiri Gorontalo,” kata Dr. Azis.
Dr. Azis mengatakan, untuk memperjelas visi jangka panjang YBMG untuk mewujudkan Universitas Bina Mandiri Gorontalo, maka YBMG melakukan proses tahapan penggabungan (merger) perguruan tinggi dibawah naungan YBMG untuk menjadi Universitas Bina Mandiri Gorontalo. “Sehingga dirumuskan Metafora atau gambaran kondisi fisik Universitas Bina Mandiri Gorontalo pada  30 tahun kedepan,” kata Dr. Azis.
Gambaran kondisi tersebut, kata Dr. Azis, dirumuskan dengan menggunakan pendekatan Benchmarking atau Best Practices. Benchmarking yang digunakan acuan adalah tiga Entrepreneurial University yang berhasil di dunia, yaitu Stanford University dan MIT di Amerika Serikat serta Tsinghua University di China.
Sebagai Entrepreneurial University, Stanford menginisiasi kelahiran perusahaan – perusahaan awal di Silicon Valley dan berhasil mewujudkan kawasan ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat dan dunia sampai saat ini. Google, Facebook dan WhatsApp lahir dari ekosistem Silicon Valley.
Selain Stanford University, Amerika Serikat juga memiliki Entrepreneurial University terkemuka lainnya, yaitu MIT yang berhasil melahirkan banyak perusahaan besar di Amerika Serikat hingga saat ini.
Seperti halnya Stanford University dan MIT, Tsinghua University juga merupakan salah satu Entrepreneurial University yang berhasil di dunia. Universitas ini menginisiasi sejumlah perusahaan di Tsinghua Science Park dan berhasil menjadikan kawasan ini sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi Negara China saat ini.
Mewujudkan sebuah universitas menjadi Entrepreneurial University tentu tidak mudah. Ada tiga tahapan utama yang akan dilalui untuk menjadi Entrepreneurial University, yakni Teaching University, Research University, dan Entrepreneurial University.
“Pada dasarnya, pengembangan berkelanjutan 30 tahun kedepan Universitas Bina Mandiri Gorontalo akan dibagi menjadi tiga tahapan, yakni Teaching University (2018-2028), Research University (2028-2038), dan Entrepreneurial University (2038-2048). Pada setiap tahapan besar tersebut akan diakhiri dengan pencapaian pada tingkat global dengan indikator-indikator utama yang disetarakan dengan universitas-universitas dunia yang menjadi benchmark,” kata Dr. Azis.(hms/bmg)